Tuesday 18 September 2012

Silabi BAHS KUTUB AL-TAFÂSÎR


SILABI PERKULIAHAN

MATAKULIAH   :        BAHS KUTUB AL-TAFÂSÎR
BOBOT                :        3 SKS   
PRODI                   :        TH
SEM                      :        V
TAHUN                :        2012-2013  

A.    DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah Bahs Kutub al-Tafâsîr masuk komponen MKK(Matakuliah Keahlian) di Jurusan Ushuluddin, khususnya pada Program Studi (Prodi)Tafsir Hadis. Dari itu seluruh mahasiswa yang mengambil Prodi ini wajib mengikutinya.
Sebagai calon mufasir para mahasiswa Prodi ini harus mengetahui dengan baik berbagai kitab tafsir yang pernah ditulis oleh para ulama agar mereka mendapat gambaran bagaimana menafsir yang baik dan benar lalu mereka termotivasi untuk berbuat hal yang sama.
Dalam kaitan ini paling tidak ada tiga unsur yang akan dikaji di dalam setiap kitab tafsir yang dibahas yaitu bentuk penafsiran, metode penafsiran dan corak penafsiran. Dengan demikian para mahasiswa menjadi tahu sosok atau jatidiri sebuak kitab tafsir.
Kitab tafsir yang akan dijadikan objek kajian ialah kitab-kitab tafsir yang popular dan diakui oleh para ulama, baik yang berbahasa Arab, Inggris, maupun Indonesia. Mengingat banyaknya kitab tafsir yang beredar di seluruh dunia Islam termasuk di Indonesia, maka perlu diseleksi berdasarkan kriteria ketiga unsur sebagai telah disebutkan di atas.

B.  KOMPETENSI MATAKULIAH
                Matakuliah ini menduduki posisi penting dan strategis dalam konstalasi kajian ketafsiran khususnya dalam pengembangan pemikiran tafsir karena di sini akan dikaji berbagai bentuk , metode, dan corak penafsiran yang  pernah diberikan oleh para ulama tafsir. Dengan demikian wacana dan pola panafsiran yang mereka berikan akan memperkaya khazanah pemikiran intelektrualitas para calon mufasir; dan sekaligus dapat membuat mereka lebih berhati-hati dalam proses penafsiran karena telah mengetahui berbagai kekurangan dan kelebihan yang ditemukan di dalam kitab-kitab yang dikaji. Selain itu wawasan mereka akan semakin luas dalam bidang ketafsiran yang pada gilirannya kelak tafsiran mereka akan lebih baik dan sejalan  dengan perkembangan zaman dengan kemajuan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) yang semakin canggih.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
                Setelah melakukan pembahasan terhadap topik-topik yang disajikan, maka para mahasiswa diharapkan mengetahui dengan  baik pengarang sejumlah kitab tafsir, latar belakang sejarah penulisannya, serta bentuk, metode dan corak penafsiran yang diberikannya; di samping mengenal karakteristik masing-masing kitab tafsir.

D.  STRATEGI PENGAJARAN
 Perkuliah ini dilaksanakan dalam bentuk seminar dengan metode ceramah, diskusi interaktif, tanya jawab dsb. Pada akhir setiap sesi dibuat kesimpulan (onklusi) dari semua pembahasan ddalam sesi itu. Kesimpulan dalam suatu kajian amat penting agar dapat dijadikan patokan bagi kajian selanjutnya. Oleh karena itu kesimpulan harus singkat, padat dan akurat.



E.  EVALUASI  PEMBELAJARAN
 Semua aktifitas Proses Belajar Mengajar(PBM) mendapat nilai sesuai porsinya dengan rincian sebagai berikut:
a.       Membuat makalah berisi pemikiran dan analisis yang memadai bernilai 20 %;
b.      Keaktifan berdiskusi dengan  mengemukakan ide dan masukan yang bermutu bernilai 15 %;
c.       Ujian Mid Semester dan Akhir Semester bernilai 60 %;
d.      Kehadiran bernilai 5 %.



F.   REFERENSI  
 Sebagai karya ilmiah semua makalah harus dilengkapi dengan referensi yang representative; dari itu setiap makalah yang akan dipresentasikan harus mencantukan referensi yang sesuai dengan bidang kajiannya, paling tidak 5(lima) buah. Untuk memudahkan proses mendapatkan referensi yang representative berikut ini dinukilkan beberapa di antaranya,sbb.:
a.       Alqur’an al-Karim;
b.      Kitab tafsir yang sedang dibahas;
c.       Al-Burhân fi ‘Ulûm al-Qur’ân  oleh al-Zarkasyî;
d.      Al-Itqân fi ‘Ulûm al-Qur’ân oleh al-Suyuthî; 
e.       Manahil al-‘Irfân fi ‘Ulûm al-Qur’ân oleh al-Zarqânî;
f.       Al-Tafsîr wa al-Mufassirûn  oleh al-Dzahabî;
g.      Wawasan Baru Ilmu Tafsir  oleh Nashruddin Baidan;
h.      Metodologi Penafsiran Alqur’an  oleh Nashruddin Baidan;
i.        Dan lain-lain.


                                                                                Surakarta,   23  Sep  2012 M
                                                                     
                                                                    Dosen Pengampu,


    
                                                                          ( Dr.H. Moh. Abul Kholiq Hasan) 











Lampiran:

                                           JADWAL TATAP MUKA

No
Pertemuan
Topik
Pemakalah
1
I
Muqaddimah:

a.Ta’aruf

b.Kontrak Belajar
c.Penjelasan materi secara   umum
d. Pembagian Tugas Makalah

 Dosen Pengamp
2
II
Tafsir al-Thabari:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya


Helmy Zakaria

Wildan Rijal
3
III
 Tafsir Ibn Katsir
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya

  Zulkarnain
Willy Aditya         
 4
IV
Tafsir Shafwatut Tawasir:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya



 Yuli Musyrifa.

 Nivenda

5
V
Tafsir al-Kasysyaf:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya


Tasir Mafatihul Ghobi
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya

Thariq Fadhli Zailani

Munadhir
 

  
 
Thoriq Bidardardiri
Arif Purnama Putra

6
VI
Tafsir al-Bahr al-Muhîth:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya

Hasan Bashri
Mat Hosen
7
VII
Tafsir al-Mîzân:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya


Kahfi
Tobrani
 Ulil Abshor
8
VIII
Tafsir al-Jawâhir:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya


Hasanul Huluq
Mahdi Asnawi
9
IX
Tafsir al-Qurthubi:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya
  Haniah
Arifah

 
10
X
1.Fii Dzilalil  Qur`an
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya

Lu`lu` Maknun
Lis Kurniawati
 


   
11
XI
1.Tafsir al-Azhar:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karaktreristiknya



  Zainul Abidin
Khairul Anam
12
XII
Tafsir al-Mishbah:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan Coraknya
d.Karakteristiknya
Abdul Aziz
Anda Prasetio


No comments:

Post a Comment