SILABI PERKULIAHAN
MATAKULIAH : BAHS
KUTUB AL-TAFÂSÎR
BOBOT
: 3 SKS
PRODI : TH
SEM : V
TAHUN : 2012-2013
A.
DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah Bahs
Kutub al-Tafâsîr masuk komponen MKK(Matakuliah Keahlian) di Jurusan
Ushuluddin, khususnya pada Program Studi (Prodi)Tafsir Hadis. Dari itu seluruh
mahasiswa yang mengambil Prodi ini wajib mengikutinya.
Sebagai calon
mufasir para mahasiswa Prodi ini harus mengetahui dengan baik berbagai kitab
tafsir yang pernah ditulis oleh para ulama agar mereka mendapat gambaran
bagaimana menafsir yang baik dan benar lalu mereka termotivasi untuk berbuat
hal yang sama.
Dalam kaitan ini
paling tidak ada tiga unsur yang akan dikaji di dalam setiap kitab tafsir yang
dibahas yaitu bentuk penafsiran, metode penafsiran dan corak
penafsiran. Dengan demikian para mahasiswa menjadi tahu sosok atau jatidiri
sebuak kitab tafsir.
Kitab tafsir
yang akan dijadikan objek kajian ialah kitab-kitab tafsir yang popular dan
diakui oleh para ulama, baik yang berbahasa Arab, Inggris, maupun Indonesia .
Mengingat banyaknya kitab tafsir yang beredar di seluruh dunia Islam termasuk
di Indonesia ,
maka perlu diseleksi berdasarkan kriteria ketiga unsur sebagai telah disebutkan
di atas.
B. KOMPETENSI MATAKULIAH
Matakuliah ini menduduki posisi penting dan
strategis dalam konstalasi kajian ketafsiran khususnya dalam pengembangan
pemikiran tafsir karena di sini akan dikaji berbagai bentuk , metode, dan corak
penafsiran yang pernah diberikan oleh para
ulama tafsir. Dengan demikian wacana dan pola panafsiran yang mereka berikan
akan memperkaya khazanah pemikiran intelektrualitas para calon mufasir; dan
sekaligus dapat membuat mereka lebih berhati-hati dalam proses penafsiran
karena telah mengetahui berbagai kekurangan dan kelebihan yang ditemukan di
dalam kitab-kitab yang dikaji. Selain itu wawasan mereka akan semakin luas dalam
bidang ketafsiran yang pada gilirannya kelak tafsiran mereka akan lebih baik
dan sejalan dengan perkembangan zaman
dengan kemajuan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) yang semakin canggih.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan pembahasan terhadap
topik-topik yang disajikan, maka para mahasiswa diharapkan mengetahui
dengan baik pengarang sejumlah kitab
tafsir, latar belakang sejarah penulisannya, serta bentuk, metode dan corak
penafsiran yang diberikannya; di samping mengenal karakteristik masing-masing
kitab tafsir.
D. STRATEGI PENGAJARAN
Perkuliah ini dilaksanakan dalam bentuk seminar
dengan metode ceramah, diskusi interaktif, tanya jawab dsb. Pada akhir
setiap sesi dibuat kesimpulan (onklusi) dari semua pembahasan ddalam sesi itu.
Kesimpulan dalam suatu kajian amat penting agar dapat dijadikan patokan bagi
kajian selanjutnya. Oleh karena itu kesimpulan harus singkat, padat dan akurat.
E. EVALUASI
PEMBELAJARAN
Semua aktifitas Proses Belajar Mengajar(PBM) mendapat nilai sesuai
porsinya dengan rincian sebagai berikut:
a. Membuat makalah berisi
pemikiran dan analisis yang memadai bernilai 20 %;
b. Keaktifan berdiskusi
dengan mengemukakan ide dan masukan yang
bermutu bernilai 15 %;
c. Ujian Mid Semester dan Akhir
Semester bernilai 60 %;
d. Kehadiran bernilai 5 %.
F.
REFERENSI
Sebagai karya ilmiah semua makalah harus
dilengkapi dengan referensi yang representative; dari itu setiap makalah yang
akan dipresentasikan harus mencantukan referensi yang sesuai dengan bidang
kajiannya, paling tidak 5(lima )
buah. Untuk memudahkan proses mendapatkan referensi yang representative berikut
ini dinukilkan beberapa di antaranya,sbb.:
a. Alqur’an al-Karim;
b. Kitab tafsir yang sedang
dibahas;
c. Al-Burhân fi ‘Ulûm
al-Qur’ân oleh al-Zarkasyî;
d. Al-Itqân fi ‘Ulûm
al-Qur’ân oleh
al-Suyuthî;
e. Manahil al-‘Irfân fi
‘Ulûm al-Qur’ân oleh
al-Zarqânî;
f. Al-Tafsîr wa
al-Mufassirûn oleh al-Dzahabî;
g. Wawasan Baru Ilmu Tafsir
oleh Nashruddin Baidan;
h. Metodologi Penafsiran
Alqur’an oleh Nashruddin Baidan;
i.
Dan lain-lain.
Dosen Pengampu,
( Dr.H. Moh. Abul Kholiq Hasan)
Lampiran:
JADWAL TATAP MUKA
No
|
Pertemuan
|
Topik
|
Pemakalah
|
1
|
I
|
Muqaddimah:
a.Ta’aruf
b.Kontrak
Belajar
c.Penjelasan materi secara
umum
d. Pembagian Tugas Makalah
|
Dosen Pengamp
|
2
|
II
|
Tafsir al-Thabari:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Helmy Zakaria
Wildan Rijal
|
3
|
III
|
Tafsir Ibn Katsir
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Zulkarnain
Willy Aditya
|
4
|
IV
|
Tafsir Shafwatut
Tawasir:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Yuli Musyrifa.
Nivenda
|
5
|
V
|
Tafsir al-Kasysyaf:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
Tasir Mafatihul Ghobi
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Thariq
Fadhli Zailani
Munadhir
Thoriq
Bidardardiri
Arif Purnama
Putra
|
6
|
VI
|
Tafsir al-Bahr
al-Muhîth:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Hasan Bashri
Mat Hosen
|
7
|
VII
|
Tafsir al-Mîzân:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Kahfi
Tobrani
Ulil Abshor
|
8
|
VIII
|
Tafsir al-Jawâhir:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Hasanul Huluq
Mahdi Asnawi
|
9
|
IX
|
Tafsir al-Qurthubi:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Haniah
Arifah
|
10
|
X
|
1.Fii Dzilalil Qur`an
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Lu`lu` Maknun
Lis Kurniawati
|
11
|
XI
|
1.Tafsir al-Azhar:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karaktreristiknya
|
Zainul Abidin
Khairul Anam
|
12
|
XII
|
Tafsir al-Mishbah:
a.Pengarang
b.Ltr.Blkg.Sej.Penulisannya
c.Bentuk,Metode,dan
Coraknya
d.Karakteristiknya
|
Abdul Aziz
Anda
Prasetio
|
No comments:
Post a Comment